Selasa, 09 April 2013

Penggunaan Traceroute di CMD



Dalam tugas kali ini saya akan mencoba menggunakan perintah Traceroute. Traceroute adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Ini dilakukan dengan  pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request Ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan.

Berikut adalah percobaan yang saya lakukan, menggunakan modem wifi dengan koneksi internet Three dan akan melakukan traceroute ke alamat www.9gag.com
Pertama-tama buka CMD pada windows lalu ketikkan tracert nama_domain, dapat dilihat seperti gambar di bawah ini.



Langkah berikutnya yaitu, mencari identitas atau informasi dari masing-masing ip yang tampil di gambar cmd diatas. Disini saya menggunakan website http://whatismyipaddress.com untuk mengetahui informasi dari IP yang muncul saat di traceroute. Untuk urutan pertama 192.168.43.1 merupakan privat ip address, sedangkan untuk urutan ke 2, 3, 4, dan seterusnya tidak dapat dilacak karena Request Time Out.

Berikut ini adalah screenshoot provider internet yang saya gunakan, yaitu Three, yang tersambung ke internet dengan cara tethering via hp Galaxy W:



Untuk membandingkan hasil tracert lainnya dapat mengunjungi blog anggota kelompok saya yang lainnya:
1.http://kerendijawa.blogspot.com/2013/04/pengujian-tracerout-di-cmd.html(menngunakan operator flexi)
2.http://hadisaputra3.blogspot.com/2013/04/pengujian-traceroute-di-cmd-tracert.html(menggunakan operator axis)
4.http://bobykelompok1.blogspot.com/(menggunakan operator First Media)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar